Kamis, 13 Juni 2013

PETUNJUK LOMBA PTC XXVIII (tanggal 11 Agustus 2013)


PETUNJUK LOMBA

  1. PETUNJUK UMUM
Lomba yang akan diadakan adalah lomba tingkat penggalang dan tingkat penegak.
- Lomba  tingkat penggalang         : 1. Lomba Bivak
2. Lomba Pionering (meja makan)
3. Lomba Cerdas Tangkas
4. Lomba Miniatur Menara Pandang

-  Lomba tingkat penegak               : 1. Lomba Peraturan Baris-berbaris (PBB)
2. Lomba Pionering (menara pandang)
3. Lomba Cerdas Tangkas
4. Lomba Fotografi

  1. PERSYARATAN PESERTA
1.      Peserta berasal dari satu sekolah.
2.      Pada waktu lomba peserta tidak boleh diwakilkan.
3.      Peserta tidak boleh meninggalkan tempat lomba sebelum acara selesai.
4.      Membayar uang pendaftaran Rp 75.000,00 per lomba, kecuali Lomba PBB yaitu sebesar Rp 100.000,00 dan Lomba Fotografi serta Lomba Miniatur Menara Pandang yaitu sebesar Rp 60.000,00
5.      Pembayaran dapat dilakukan pada saat technical meeting dan saat registrasi ulang tanggal
6.  Demi kelancaran acara masing-masing pangkalan yang ingin membawa suporter, diharapkan membawa suporter maksimal 15 orang.
7.      Mengikuti technical meeting, yang akan dilaksanakan pada :
hari, tanggal          : Minggu, 21 Juli 2013
waktu                    : 10.00 WITA – selesai
tempat                   : SMA Negeri 3 Denpasar
8.  Peserta yang tidak mengikuti technical meeting dianggap menyetujui semua keputusan yang dihasilkan pada technical meeting tersebut.
9.      Waktu dan tempat pendaftaran
Pendaftaran dimulai tanggal 24 Juni – 4 Agustus. Pendaftaran dilakukan secara On Line melalui blog Pandu Trisma :    www.pandutrisma3.blogspot.com atau pada saat Technical meeting dengan melampirkan fotocopy kartu pelajar.
10. Informasi lebih lanjut mengenai Pandu Trisma Cup XXVIII dapat didapatkan di blog Pandu Trisma :  www.pandutrisma3.blogspot.com
Atau dengan menghubungi :
                                    Dayu Ari         : 083114634846
                                    Suci                 : 085792054223

  1. FASILITAS PESERTA dan HADIAH
1.      Setiap gudep akan mendapatkan konsumsi berupa snack dan air mineral.
2.      Konsumsi suporter di luar tanggung jawab panitia.
3.    Setiap peserta dan pembina dari masing - masing gudep akan mendapatkan piagam peserta dan pembina.
4.      Juara pertama, kedua, dan ketiga untuk setiap lomba akan mendapatkan piala tetap, piagam dan hadiah pembinaan.
5.   Dari seluruh peserta akan ditentukan satu gugus depan yang menjadi juara umum yang akan mendapatkan satu buah piala bergilir Pandu Trisma Cup dan piagam penghargaan.
6.   Juara umum dibedakan antara penggalang dan penegak serta berhak atas piala bergilir Pandu Trisma Cup.
7.    Piagam peserta akan dibagikan kepada masing – masing gudep setelah pengumuman perolehan juara.



  1. PETUNJUK TEKNIS LOMBA

    PENGGALANG

Ø Lomba Bivak
a.       Peserta 5 orang mewakili pangkalan (putra/putri)
b.      Waktu maksimal 15  menit.
c.       Kriteria penilaian :
·         Ketepatan waktu
·         Ketepatan simpul
·         Kerapian
·         Kekompakan
d.      Peserta yang belum selesai setelah waktu maksimal maka peserta tidak diperbolehkan bekerja lagi
e.       Peserta yang paling pertama melapor mendapat nilai 100, yang berikutnya nilai dikurangi 2 point begitu seterusnya.
f.       Alat dan bahan disediakan peserta.
g.      Tidak boleh menggunakan mata ayam, hanya menggunakan peniti dan tali untuk dalam lomba bivak.
h.       Tongkat berjumlah 5 buah (tiang penyangga 2 buah dan penyangga di atas 3 buah).
i.         Jumlah tali disesuaikan
j.        Peserta yang masih bekerja setelah waktu tambahan selesai akan didiskualifikasi.
k.   Jumlah jas hujan 6 buah.
l.    Tidak memakai tutup.

Ø Lomba Pioneering ( meja makan )
a.       Peserta 6 orang mewakili pangkalan (putra/putri).
b.       Yang dilombakan adalah Meja makan dengan panjang bambu utama adalah 3 meter.
c.       Waktu lomba maksimal 20 menit.
d.      Diameter bilah galar disesuaikan dan dapat diatur oleh masing-masing peserta.
e.       Meja makan dikondisikan untuk 8 orang.
f.       Untuk penyangga galar atau pinggiran berjumlah 4 buah (galar dirakit di tempat lomba, tidak boleh dirakit sebelum lomba dimulai).
g.      Aksesoris tidak mempengaruhi nilai.
h.      Dalam meja makan wajib dibuat gantungan untuk lampu badai.
i.         Kriteria penilaian :
·         Kekuatan tiang penyangga
·         Ketepatan simpul
·         Kerapian
·         Kekompakan
·         Kecepatan waktu
j.        Alat dan bahan disediakan peserta.
k.      Peserta yang belum selesai setelah waktu maksimal maka peserta tidak diperbolehkan bekerja lagi
l.        Peserta yang masih bekerja setelah waktu tambahan selesai akan didiskualifikasi.
Ø Lomba Cerdas Tangkas ( LCT )
a.       Setiap pangkalan hanya mengirim satu regu
b.      Tiap regu terdiri atas tiga orang ( putra/putri )
c.       Materi yang dilombakan berhubungan dengan materi kepramukaan, pengetahuan umum, semaphore, morse, TSI.
d.      Untuk soal LCT dibuat oleh panitia (dengan Boyman dan RPUL sebagai buku panduan).
e.       Babak dalam LCT ada 3 :
-         Babak I     : soal wajib beregu (bila kelompok yang bersangkutan tidak
bisa menjawab, maka soal akan dilempar ke kelompok lain). Dalam babak ini ada 5 soal.
-          Babak II   :  lomba cepat tepat (ada sistem minus). Terdapat 10 soal.
-          Babak III :  lomba keterampilan (semaphore dan morse).
-          NB            :  lomba LCT dibagi menjadi 2 babak, yaitu babak
penyisihan dan final.
f.       Untuk tahun ini diusahakan menggunakan bel listrik (tidak menutupi kemungkinan menggunakan kentongan).
g.      Kriteria penilaian meliputi;
·         Kecepatan menjawab
·         Ketepatan jawaban
h.      Pengambilan nomor undian dilakukan sesaat sebelum lomba dimulai.
i.        Penjurian Independen.

Ø Lomba Miniatur Menara Pandang
a.       Peserta 2 orang mewakili pangkalan (putra/putri).
b.      Waktu maksimal 20 menit.
c.       Kriteria penilaian:
·         Kecepatan waktu
·         Kerapian
·         Ketepatan simpul
d.      Peserta yang belum selesai setelah waktu maksimal, maka peserta tidak diperbolehkan untuk bekerja lagi.
e.       Peserta yang paling pertama melapor mendapat nilai tambahan 50 point, yang berikutnya dikurangi 5 point dan begitu seterusnya.
f.       Bambu yang digunakan tidak ada tanda / goresan apapun, apabila ditemukan maka peserta tersebut akan dikurangi 25 point.
g.      Dilarang menggunakan lem.
h.      Tinggi bambu utama 40 cm.
j.        Alat dan bahan disediakan oleh peserta.
k.      Peserta yang telah selesai diwajibkan melapor kepada panitia, kemudian peserta diwajibkan meninggalkan ruangan.
l.        Bila ada tambahan asesoris lainnya, maka tidak menambah atau mengurangi point.
m.  Menggunakan bambu utuh berdiameter 0.8 cm.



5        PENEGAK

 

Ø Lomba PBB
a.       Setiap pangkalan mengirimkan 1 team yang terdiri dari 16 orang ( 15 anggota dan 1 danton).
b.      Pakaian yang digunakan adalah pakaian pramuka lengkap (aksesoris pakaian tidak mempengaruhi penilaian).
c.       Waktu perlombaan adalah 15 menit.
d.      Lapangan yang digunakan adalah lapangan basket dengan ukuran panjang 23,5 meter dan lebar 11 meter.
e.       Waktu mulai dihitung saat laporan awal dan berakhir saat laporan akhir.
f.       Penilaian dimulai dari peserta memasuki daerah persiapan.
g.      Apabila melewati batas waktu yang telah ditentukan akan dilakukan pengurangan sebanyak 20 point setiap satu menit.
h.      Apabila melewati batas garis yang telah ditentukan akan dilakukan pengurangan sebanyak 20 point setiap satu kali melewati garis.
i.        Gerakan wajib PBB :      
·         Aba-aba di tempat :
Hadap kanan, hadap kiri, balik kanan, hormat, jalan di tempat
·         Aba-aba berpindah tempat terbatas :
3 langkah ke kanan.3 langkah ke kiri,3 langkah ke belakang,3 langkah ke depan
·         Aba-aba berpindah tempat :
Langkah biasa ,langkah tegap maju, hormat kanan, belok kanan, belok kiri, buka & tutup barisan, masing-masing banjar 2 kali belok kanan, langkah varisasi & formasi. Langkah variasi dan formasi bebas, hanya untuk memperindah gerakan.
j.        Kriteria penilaiaan :
·         Kekompakan gerak
·         Kerapian pasukan
·         Keseragaman pasukan
·         Ketepatan gerak dan aba-aba

Ø Lomba Pioneering ( Menara Pandang )
a.       Peserta 6 orang mewakili pangkalan ( putra/putri ).
b.      Waktu lomba maksimal 30 menit.
c.    Tinggi bambu utama yaitu 4 meter
d.       Kriteria penilaiaan :
·         Kekuatan menara
·         Ketepatan simpul
·         Kerapian
·         Kekompakan
·         Kecepatan waktu
e.      Alat dan bahan disediakan peserta.
f.       Dalam pengerjaan, bambu dan tali tidak boleh dikondisikan (antara bambu dan tali harus dipisahkan).
g.       Ukuran bambu utama untuk Menara Pandang adalah 4 meter. Bambu boleh ditandai untuk mempermudah pengerjaan.
h.      Untuk tangga, menggunakan bambu dan tali (dibuat di tempat lomba pada saat lomba dimulai).
i.        Peserta yang belum selesai setelah waktu maksimal maka peserta tidak diperbolehkan bekerja lagi.

Ø Lomba Cerdas Tangkas ( LCT )
a.       Setiap pangkalan hanya mengirim satu regu
b.      Tiap regu terdiri atas tiga orang ( putra/putri )
c.       Materi yang dilombakan berhubungan dengan materi kepramukaan, pengetahuan umum, semaphore, morse, TSI.
d.      Untuk soal LCT dibuat oleh panitia (dengan Boyman dan RPUL sebagai buku panduan).
e.       Babak dalam LCT ada 3 :
-         Babak I        : soal wajib beregu (bila kelompok yang bersangkutan
tidak bisa menjawab, maka soal akan dilempar ke
kelompok lain). Dalam babak ini ada 5 soal.
-          Babak II      : lomba cepat tepat (ada sistem minus). Terdapat 10 soal.
-          Babak III    : lomba keterampilan (semaphore dan morse).
-          NB              : lomba LCT dibagi menjadi 2 babak, yaitu babak
penyisihan dan final.
f.       Untuk tahun ini diusahakan menggunakan bel listrik (tidak menutupi kemungkinan menggunakan kentongan).
g.      Kriteria penilaian meliputi;
·         Kecepatan menjawab
·         Ketepatan jawaban
h.      Pengambilan nomor undian dilakukan sesaat sebelum lomba dimulai.
i.        Penjurian Independen.

Ø Lomba Fotografi
a.       Lomba bersifat individu.
b.      Peserta terbuka untuk pelajar SMA/SMK sederajat se-Bali
c.       Tiap gudep boleh mengirim 3 peserta, masing-masing peserta hanya boleh mengumpulkan 1 foto.
d.      Foto diambil pada tanggal 11 Agustus 2013 pada saat perlombaan berlangsung. Foto dikumpulkan ke panitia dalam bentuk soft copy di dalam CD-R.
e.       Pengambilan foto dilakukan selama 3 jam.
f.       Kamera disiapkan oleh peserta.
g.      Foto merupakan karya sendiri dan dapat dijamin orisinalitasnya.
h.      Foto tidak boleh mengandung unsur SARA dan pornografi.
i.        Di dalam folder softcopy, foto diisi nama peserta, asal sekolah, judul foto, serta keterangan mengenai foto.
j.        Pengumuman pemenang akan diumumkan pada tanggal 11 Agustus 2013 ketika seluruh perlombaan selesai di SMA N 3 Denpasar.
k.      Juri terdiri dari fotografer profesional dan wartawan media lokal.
l.           Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
m.   Tema menyesuaikan pramuka.

Nb : Jika ada Ralat Tentang Petunjuk Lomba Pandu Trisma Cup XXVIII dapat dilihat pada Blog Pandu Trisma : www.pandutrisma3.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar